Cara Melupakan Mantan

Akhir dari pacaran adalah hal terkampret sedunia. Sakit nya melebihi serudukan badak rabies. Ada yang mandi terus galau dan bilang KENAPA... KENAPA... KENAPA GAK ADA AER. Tidak semua jomblo itu cengeng, mungkin ada yang cepet move on dan punya pasangan baru. Disini adalah tips dari Mahendi Alvines, orang yang berpengalaman dalam hal mengenang apapun. Mulai dari mengenang nilai rapot SD dan mengenang acara TV yang sudah tamat.

1. Bersedihlah di tempat yang kalian sukai

Pastikan saat kalian hendak melakukan langkah ini, kalian sudah putus dari pacar kalian. Maksud gue bersedih adalah bukan nangis-nangis muter lapangan sambil bilang EMAK... EMAK... EMAK.... Tapi, jangan juga menangis di tempat yang banyak dilihat orang lain. Tapi, di tempat yang hening dan tenang. Ingatlah kata-kata yang ia keluarkan pada saat itu. Bagaimana kalian putus sehingga kalian sampai lupa caranya berharap. Keluarkan air mata kalian. Peluklah bantal (bila punya). Basahi bantal kalian dengan air mata. Karena besedih adalah cara orang bersedih untuk mulai menerima kenyataan.

2. Dengarkan musik yang kalian sukai

Jangan dengarkan musik dangdut atau semacamnya. Tapi dengarkan lagu jazz atau lagu favorit yang bisa membuatmu tersenyum dan di bagian liriknya, ikutlah menyanyi dengan lagu itu. Lalu tertawalah. Tapi jangan ketawa kayak joker lagi maen iklan pepsodent. Atau bila kalian tidak memiliki musik favorit. Bersenandunglah dengan lirik mu sendiri. Menyanyilah dengan pelan (jangan nyanyi ngasal). Minimal nyanyikanlah lagu kalian hingga membuat kalian tersenyum atau tertawa.

3. Makanlah roti selai dan kopi teh manis

Setelah dengerin lagu. Pergilah ke toilet tetangga, eh salah ding, maksud gue dapur atau meja makan. Buatlah satu roti selai (usahakan selai sarikaya, gue gak tahu alasannya kenapa). Lalu rebuslah air untuk membuat teh. Kalau gak ada teh, buat wedang jahe juga gak apa-apa. Saat teh jadi, tambahkan gula dua sendok makan. Ada baiknya bagi para penderita diabetes untuk mengganti gulanya dengan gula tawar (tawas).

4. Ajak temen cewek buat curhat

Kalo punya temen cewek ajak dia ketemu. Saat sedang berdua, ceritakanlah kronologi kalian putus padanya dan kalian tidak perlu menangis lagi. Bila ia memberi saran, dengarkanlah dia. Temen cewek adalah temen yang bisa buat hati cowok ngambang di sungai Nil. Berbasa-basi lah dalam mengobrol dan lamakanlah waktu. Mungkin ini bisa mengisi air mata yang kalian keluarkan. Kalian pantas untuk bahagia. Nyamankan dirimu dalam situasi ini. Setelah selesai, ucapkan terima kasih padanya. (kalo lo lagi hoki, mungkin dia mau jadian sama kalian).

5. Tanamlah satu tumbuhan

Tidak perlu tanaman mahal. Kalian bisa mengambil tanaman liar dan pindahkanlah dalam pot kecil. Siram dan taruh di tempat disaat kalian suka sendiri. Memang kenangan mantan itu seperti permen karet yang kena lem kayu, susah buat ilang. Tapi tanaman ini adalah sahabat imajinasi kalian sendiri. Reboisasi hati itu perlu setelah penggundulan lahan hati. Panggillah tanamannya dengan nama yang kalian suka kecuali nama Sutarto, Sutisno, Ce Edah atau nama mpok-mpok di warung. Anggaplah ia temanmu sendiri. Agar kalian bisa jadi lebih dewasa lagi.


Sekian tips dari gue. Oh ya, gue punya quote buat kalian. Berakit-rakit ke hulu, akhirnya gak nyampe-nyampe #say bye to your mantan  :).

Komentar